Minggu, 11 Maret 2012
Senin, 14 November 2011
Membuat Objek Dengan BLENDER
Setelah sebelumnya saya banyak membahas tentang pemodelan grafis, kali ini saya akan mencoba membuat contoh sebuah gambar. Software yang digunakan adalah blender dengan versi 2.48. Pada dasarnya, dalam membuat contoh gambar ini, saya menggunakan kubus sebahai dasarnya dan dibentuk serta disusun sedemikian rupa, sehingga membentuk suatu objek.
Setelah membuka blender, tampilan awal terlihat seperti diatas dengan sebuah kubus pada awalnya.
Ubah ukuran kubus berdasarkan sumbu X, Y, dan Z sedemikian rupa sehingga terlihat seperti gambar diatas
Buat kubus untuk membentuk bagian lain dengan cara melilih add > mesh > cube.
Maka akan tampil kubus baru. seperti biasa, atur dan pindahkan posisi sesuai dengan sumbu X, Y, dan Z sedemikian rupa
Untuk mempercepat proses, disarankan untuk meng-coppy bentuk dan atur posisinya seperti gambar diatas.
Gambarpun selesai seperti diatas. Untuk melihat dalam bentuk animasi, pilih camera view, kemudian pilih render.
Last Edited : --.--.---
Minggu, 16 Oktober 2011
Pemodelan Geometris
Terdapat beberapa aspek pada pemodelan geometris. Salah satu diantaranya adalah texturing. Texturing merupakan sebuah proses untuk menentukan karakterisik sebuah materi obyek dari segi tekstur. Untuk materi sebuah object bisa digunakan aplikasi properti tertentu seperti reflectivity, transparency, dan refraction. Texture kemudian bisa digunakan untuk meng-create berbagai variasi warna pattern, tingkat kehalusan/kekasaran sebuah lapisan object secara lebih detail. Selain itu terdapat pula rendering. Rendering adalah proses menghasilkan sebuah gambar dari sebuah model, dengan menggunakan program komputer. Model adalah deskripsi dari benda tiga dimensi dalam bahasa didefinisikan secara ketat atau struktur data. Itu akan berisi geometri, sudut pandang, tekstur, pencahayaan, dan bayangan informasi. Gambar adalah sebuah gambar digital atau raster grafik gambar. Mungkin istilah oleh analogi dengan “artis render” dari sebuah adegan. ’Rendering’ juga digunakan untuk menggambarkan proses menghitung efek dalam video editing file untuk menghasilkan output video akhir.
Last Edited : --.--.---